Jadwal Pelaksanaan UKG 2015

1685
kisi kisi soal ukg guru sd 2015

Sesuai dengan edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, UKG 2015 akan dilaksanakan mulai tanggal 9 sampai dengan 27 November 2015 secara online maupun offline. UKG dengan sistem offline hanya akan dilaksanakan di daerah yang belum memiliki atau kesulitan akses internet. Rincian jadwal pelaksanaan UKG online ditentukan oleh LPMP dan dinas pendidikan kabupaten/kota. Sedangkan untuk UKG offline akan dilaksanakan serentak seindonesia dalam satu hari.

Peserta UKG tahun 2015 kali ini tidak hanya dari golongan guru PNS saja. Peserta UKG adalah semua guru yang kode mata pelajarannya ada dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan baik yang sudah memiliki sertifikat pendidik atau belum memiliki, guru PNS ataupun bukan PNS dan guru yang sudah memiliki NUPTK atau masih Peg ID yang sudah terdaftar pada sistem belum ditutup.

Hasil dari UKG digunakan untuk memetakan kompetensi guru yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pendidikan dan pelatihan yang harus diikuti oleh guru. Selain itu, UKG juga merupakan bagian dari penilaian kinerja guru dan akan menjadi bahan pertimbangan penyusunan kebijakan dalam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada guru.

Dari hasil UKG akan diketahui kemampuan guru, kemudian guru-guru tersebut dikelompokkan. Mereka yang mendapat skor tinggi cukup mengikuti pembekalan wajib selama 4-10 jam. Sedangkan bagi guru yang memperoleh nilai kurang akan mengikuti pembekalan lebih banyak jumlah jamnya.

Sebelum mengikuti UKG, sebaiknya Anda mengetahui kisi kisi soal UKG terlebih dahulu agar Anda lebih siap menghadapi Uji Kompetensi Guru (UKG) yang akan digelar serentak bulan November ini.

Facebook Comments
SHARE