Juknis Penulisan Ijazah SD Tahun 2015

2415
juknis penulisan ijazah

Ujian Sekolah (US) tingkat sekolah dasar telah selesai dilaksanakan tanggal 18-20 Mei 2015. Hasil Ujian Seolah akan diumumkan sekitar minggu ketiga bulan Juni 2015. Hasil ujian ketiga mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA menjadi salah satu penentu kelulusan bagi siswa kelas VI.

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerbitkan petunjuk teknis (Junkis) penulisan ijazah. Juknis inilah yang akan menjadi pedoman dalam mengisi blangko ijazah satuan pendidikan tahun pelajaran 2014/2015.

Didalam buku juknis penulisan ijazah tersebut memuat petunjuk umum dan petunjuk khusus sebagai acuan satuan pendidikan.  Terdapat 14 petunjuk umum diantaranya yaitu :

  1. Ijazah untuk SD hanya diterbitkan oleh satuan pendidikan yang sudah diakreditasi, sedang ijazah untuk Paket A diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  2. Ijazah dan hasil ujian/daftar nilai ujian dicetak bolak-balik, Ijazah di halaman depan dan hasil ujian/daftar nilai ujian di halaman belakang..
  3. Ijazah ditulis tangan dengan tulisan huruf yang baik, benar, jelas, rapi, mudah dibaca, dan bersih dengan menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus.
  4. Jika terjadi kesalahan dalam pengisian, ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, atau di tipe-ex dan harus diganti dengan blangko yang baru.
  5. Ijazah yang salah dalam pengisian sebelum dimusnahkan disilang dengan tinta warna hitam pada kedua sudut yang berlawanan pada halaman depan dan belakang serta dimusnakan dengan berita acara yang ditandatangani oleh kepala sekolah untuk ijazah SD,
  6. Dst.

Petunjuk khusus pengisian blangko ijazah dibagi dalam petunjuk pengisian balngko ijzah halaman depan dan dan halaman belakang. Halaman depan berisi tentang petunjuk penulisan nama Kepala Sekolah, nama siswa, orang tua, tanggal lahir, pengisian nomor induk siswa nasional pemilik ijazah, dan sebagainya.

Untuk lebih lengkapnya silahkan Anda unduh file berikut ini

Juknis Penulisan Ijazah SD Tahun 2015

 

Facebook Comments
SHARE