Pendaftaran Mahasiswa Baru UNESA Jalur Mandiri Tahun 2016

1680
wisuda irfan yulianto

Universitas Negeri Surabaya atau yang dikenal dengan UNESA setiap tahunnya  menjadi favorite para siswa siswi SMA dan sederajat yang ingin melanjutkan masa studinya. Tak heran jika lebih dari 10.000 pendaftar setiap tahunnya. UNESA sendiri memiliki 2 kampus, kampus pusat berada di Jl. Ketintang Surabaya sedangkan kampus kedua terletak di Jl. Lidah Wetan.

UNESA tetap memiliki enam fakultas yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dan Fakultas Ekonomi (FE). Terdapat 3 jalur untuk bisa menjadi mahasiswa UNESA, yaitu melalui SNMPTN dan SBMPTN, untuk masuk UNESA adik adik juga bisa melalui jalur mandiri atau yang sering disebut SPMB. Khusus untuk SPMB jalur mandiri ini terbagi menjadi 3 tahap

  1. SPMB I khusus untuk Program Diploma III (prestasi dan reguler)
  2. SPMB II untuk Program Sarjana (prestasi dan reguler)
  3. SPMB III untuk Program Sarjana dan Diploma III (prestasi dan reguler)

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru UNESA Jalur Mandiri

jadwal pendaftaran mahasiswa baru unesa tahun 2016

SYARAT PENDAFTARAN

A. Persyaratan Umum bagi pendaftar jalur mandiri, diwajibkan mengikuti Tes yang meliputi: Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Keterampilan / wawancara.

TKPA : Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Verbal, Numerikal dan Figural.
TKD : SOSHUM (Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi);
SAINTEK (Matematika, Biologi, Fisika, Kimia)
Tes untuk SPMB Program Sarjana: TKPA dan TKD
Tes untuk SPMB Program Diploma III: TKPA
Tes Keterampilan /wawancara: sesuai dengan bidang studi yang dipilih.

Khusus jalur Prestasi program Diploma III (prestasi) : tidak ada tes tulis tetapi wajib mengikuti uji keterampilan/wawancara serta mengumpulkan berkas kelengkapan (foto kopi nilai raport semester 1-5 yang sudah dilegalisir dan sertifikat/piagam sesuai pilihan @ 1 lembar) dan dikumpulkan ke BAAKPSI sesuai periode pendaftaran DIII.

Jalur Prestasi untuk program Sarjana dibuka hanya untuk pendaftar Fakultas Ilmu Keolahragaan (prodi S1 Penjaskes, S1 Pend. Kepelatihan dan S1 Ilmu Keolahragaan) dengan mengumpulkan berkas (foto kopi nilai raport semester 1-5 yang sudah dilegalisir dan sertifikat/piagam sesuai pilihan @ 1 lembar) dan dikumpulkan ke BAAKPSI sesuai periode pendaftaran Sarjana.

B. Pendaftar harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
• Warga Negara Indonesia.
• Warga Negara Asing mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
• Sehat jasmani dan rohani.
• Lulusan SMA/MA/SMK/MAK dalam dan/atau luar negeri tahun 2016, 2015, 2014, 2013 dan 2012. Khusus Jalur Prestasi lulusan tahun 2016.
• Dinyatakan Lulus Ujian Nasional(UN).
• Jalur program S1 (regular) diperbolehkan memilih 2 (dua) Program Studi di kelompok SAINTEK atau 2 (dua) Program Studi di kelompok SOSHUM. Urutan pilihan menunjukkan urutan prioritas.
• Jalur program S1 (prestasi) pilihan program studi hanya 1 (satu).
• Jalur program Diploma III pilihan program studi hanya 1 (satu).

 

BIAYA PENDAFTARAN

biaya pendaftaran mahasiswa baru unesa tahun 2016

 

Peserta yang dinyatakan diterima akan diumumkan melalui website : http://siakad.unesa.ac.id/pendaftaran dan dapat dilihat di BAAKPSI Gedung E-2 Kampus Unesa Ketintang Surabaya. Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UNESA Jalur Mandiri Tahun 2016, selamat berjuang adik adik.

Facebook Comments
SHARE