Pengertian Litosfer dan Lapisannya

55682
pengertian litosfer dan lapisannya

Litosfer berasal dari bahasa Yunani yaitu”lithos” yang artinya batuan dan “spere” yang artinya lapisan. Pengertian litosfer adalah lapisan kerak bumi yang paling luar/atas yang terdiri atas batuan dengan ketebalan rata rata 1200 km. Litosfer adalah lapisan kulit bumi paling luar yang berupa batuan padat. Litosfer tersusun dalam dua palisan, yaitu kerak dan selubung yang tebalnya 50-100 km. Litosfer merupakan lempeng yang bergerak sehingga dapat menimbulkan pergeseran benua.

Penyusun utama lapisan litosfer adalah batuan yang terdiri dari campuran antar mineral sejenis atau tidak sejenis yang saling terikat secara gembur atau padat. Induk batuan pembentuk litosfer adalah magma, yaitu batuan cair pijar yang bersuhu sangat tinggi dan terdapat dibawah kerak bumi. Magma akan mengalami beberapa proses perubahan sampai menjadi batuan beku, batuan sedimen atau batuan metamorf.

lapisan ini pada umumnya terdiri atas senyawa kimia yang kaya akan SiO2. Itulah sebabnya lapisan litosfer sering dinamakan lapisan silikat dan memiliki ketebalan rata rata 30 km yang terdiri atas dua bagian, yaitu litosfer atas (merupakan daratan dengan kira kira 35% atau 1/ bagian) dan litosfer bawah (merupakan lautan dengan kira kira 65% atau 2/3 bagian). Litosfer terdiri dari berbagai macam unsur seperti besi, belerang, mangan, kalium, phosfat, natrium, tembaga, seng serta unsur unsur lain. Menurut Klade dan Washington batuan atau litosfer di permukaan bumi ini hampir 75% terdiri atas silikon oksida (SiO2) dan aluminium oksida (AI2O3).

pengertian litosfer dan lapisannya

Litosfer memegang peranan penting dalam kehidupan di dunia ini. Tanah terbentuk apabila batuan batuan di permukaan litosfer mengalami degradasi, erosi maupun proses fisika lainnya menjadi batuan kecil sampai pasir. Selanjutnya bagian ini bercampur dengan hasil pemasukan komponen organis makhluk hidup yang kemudian membentuk tanah yang dapat digunakan sebagai tempat hidup organisme.

Tanah merupakan sumber berbagai jenis mineral bagi makhluk hidup. Dalam wujud aslinya, mineral mineral ini berupa batuan batuan yang berlapis dan terletak dibagian permukaan bumi. Melalui proses erosi mineral mineral yang menjadi sumber makanan makhluk hidup ini, sering kali mineral ini terbawa oleh aliran air sungai ke laut dan terdeposit di dasar laut.

Facebook Comments
SHARE