Permainan Yang Bisa Merangsang Kreativitas Si Kecil

1267
Permainan Yang Bisa Merangsang Kreativitas

Kreativitas tak bisa dipelajari tetapi lahir dari pengalam-pengalaman dan kebebasan mengekspresikan ide dan emosi. Semakin bebas maka akan semakin terasah kreativitas anak.

Dunia anak adalah dunia bermain. Tak hanya memberikan kesenangan kepada anak, dengan bermain, orangtua bisa sekaligus mengasah dan mengembangkan kreativitas anak. Salah satu kegiatan yang paling efektif untuk mengasah dan mengembangkan kreativitas anak adalah dengan BERMAIN.

Untuk mengasah kreativitas anak, mainan apapun bisa digunakan, termasuk benda-benda yang ada di sekitar kita. Namun, orangtua harus pintar-pintar memilih mainan yang tak hanya disukai anak, tetapi juga bisa mengembangkan keterampilan dan kreativitasnya.

Permainan Yang Bisa Merangsang Kreativitas

 

Psikolog anak Seto Mulyadi menuturkan waktu yang diberikan kepada anak untuk bermain memberikan kesempatan kepada anak untuk mengekspresikan ide-ide serta pemikirannya yang cemerlang. Ada banyak hal yang bisa diasah melalui mainan anak, salah satunya keterampilan motorik dan koordinasi otot anak.
“Secara psikologis, dengan bermain bisa merangsang anak mendapatkan ide-ide unik dan orisinal. Potensi kreatif mereka juga dapat berkembang secara optimal,” ujar Kak Seto.

Banyak sekali aktivitas bermain yang bisa menggali kreativitas anak, beberapa diantaranya adalah :

Finger Painting
———————
Ajak anak untuk melukis dengan jari jemarinya. Biarkan anak berkreasi sesuka hati. Perlengkapan yang dibutuhkan cukup sederhana, hanya buku gambar dan satu set cat air. Dengan bermain warna, anak diasah berimajinasi membuat bentuk dan mengenal warna.

Membuat Sesuatu Dari Kotak Susu
————————————————
Siapkan satu kotak susu bekas dan bersihkan. Kemudian siapkan perlengkapan seperti gunting, spidol untuk membuat perahu dari kotak susu bekas. Membuat perahu dari kotak susu bisa merangsang anak lebih kreatif untuk membuat mainan sendiri dari barang tidak terpakai. Selain itu anak juga belajar untuk pandai mengunting dan menghias perahu agar lebih menarik. Anda bisa mengajak anak berkreasi membuat lebih banyak bentuk dari kotak susu yang sudah kosong.

Kereta Api Dari Pasta
——————————
Mungkin Bunda punya sisa stok pasta yang kadaluarsa, yuk dibuat menjadi mainan. Buatlah kereta jenis pasta seperti rigatoni dengan bentuk yang panjang dan memiliki gurat-gurat vertikal di sisi luarnya. Kalau tidak ada rigatoni, jenis pasta penne juga bisa dipakai. Dijamin si kecil akan tertawa riang melihat kereta api pasta yang unik ini. Bisa juga dengan mi instan. Kira-kira apa ya yang bisa dibuat dri mi instan?

Kreasi Dengan Tusuk Gigi
————————————
Anak akan belajar mengenal konsep bentuk dengan cara membuat langsung. Pakailah tusuk gigi atau batang korek api yang sudah dicelupkan ke dalam cat warna. Agar lebih menarik, warnai tusuk gigi dengan warna-warna yang cerah. Minta anak untuk membuat bentuk sesuai dengan kreasi mereka. Dengan begitu akan akan lebih mudah mengenal konsep bentuk dan mengingat jenis warna.

Bermain balok susun dan LEGO
——————————————–
Ajaklah si kecil bebas berimajinasi dengan permainan menyusun balok dan LEGO. Biarkan anak secara bebas menggali imajibasinya. Biarkan anak membentuk bentuk-bentuk yang unik jangan berikan batasan-batasan kaku misanya atap rumah harus segitiga dan sebagainya. Jangan kaget lho bisa si kecil bisa sangat kreatif.

Banyak sekali ya permainan yang bisa merangsang kreativitas si kecil. Yuk di coba 🙂

Facebook Comments
SHARE