10 Tips Memilih Dongeng Anak

31
10 Tips Memilih Dongeng Anak

Ditengah banyaknya film dan sinetron yang ada dilayar kaca, cerita anak atau dongeng sebelum tidur menjadi sebuah kebutuhan dalam keluarga yang masih memiliki anak dibawah umur atau balita. Kita pasti tidak ingin cerita anak yang mengangkat tema persahabatan, kasih sayang, dan keluarga menjadi hilang dan tergantikan oleh cerita romantika dan intrik yang banyak dihadirkan di televisi. Ditambah lagi cerita mistis yang justru mencuri perhatian anak. Dengan kondisi seperti inilah kebutuhan akan cerita atau dongen anak dengan semua nilai yang terkandung di dalamnya menjadi hal yang selayakya kita perhatikan lagi.

Nostalgia masa kecil yang indah dengan mendengarkan cerita saat kita akan tidur pasti juga ingin kita terapkan pada masa sekarang atau mendatang. Sebuah dongeng yang bercerita tentang cerita rakyat, tokoh atau sejarah bangsa tentu akan sangat membantu tumbuh kembang anak. Cerita anak yang baik dan disesuaikan dengan umur si buah hati juga diyakini akan mampu meningkatkan kecerdasan anak.

Mengingat begitu banyaknya menfaat dongeng bagi anak anak, diperlukan persiapan yang benar benar matang. Berikut beberapa tips memilih dongeng anak.

  1. Pilih cerita yang tidak terlalu panjang, jika terlalu panjang anak akan bosan.
  2. Hafalkan garis besar ceritanya. Hayati pesan utamanaya, serta jangan lupa membayangkan kapan harus melakukan improvisasi.
  3. Ayah dan bunda harus peka terhadap situasi dan kondisi anak anak. Apakah putra putri Anda merasa letih, lapar, dan gerah? Jika keadaannya seperti itu mereka jadi kurang tertarik dengan dongeng yang disampaikan.
  4. Sebelum mendongeng, usahakan suasana hati Ayah dan bunda ceria dan riang. Cintai sepenuh hati anak anak yang ada di depan Anda.
  5. Libatkan perasaan Anda saat mendongeng. Tampakkan ekspresi wajah yang sesuai dengen cerita, seperti marah, menangis, tertawa, kecewa, dan kaget.
  6. Perhatikan intonasi suara. Kapan harus tinggi, rendah, kecil, besar, berat, cepat, lambat, atau manja.
  7. Mendongeng akan sangat menarik jika membawa alat bantu, baik boneka maupun sekedar buku cerita.
  8. Tidak ada salahnya jika ditengah dongeng Anda mengajak mereka bernyanyi. Tentu saja lagunya harus sesuai dengan cerita yang dibaca.
  9. Berilah jeda saat bercerita. Lontarkan pertanyaan pilihan seperti ya/tidak, sudah pernah/belum, ataau besar/kecil.
  10. Selalu akhiri cerita dengan kesimpulan, pesan moral, dan pertanyaan yang menegaskan kembali inti dari cerita yang Anda bacakan.

Sebagai contoh, Anda bisa membaca kumpulan dongeng anak terbaik berikut ini

Cerita Dongeng Anak : Kisah Angsa Dan Telur Emas
Tersebutlah di jaman dahulu, hiduplah seorang petani miskin yang mempunyai seekor angsa yang sangat cantik. Petani itu merwat si angsa dengan baik hingga suatu hari pada saat petani tersebut mendatangi kandang angsa, sang Angsa telah menelurkan sebuah telur emas yang berkilauan.

Petani tersebut mengambil dan membawa telur emas tersebut ke pasar dan menjualnya. Kejadian yang sama terulang untuk hari-hari berikutnya, sehingga dalam waktu yang singkat petani tersebut mulai menjadi kaya. Tetapi tidak lama kemudian keserakahan dan ketidak-sabaran petani itu terhadap sang Angsa muncul karena sang Angsa hanya memberikan sebuah telur setiap hari. Sang Petani merasa dia tidak akan cepat menjadi kaya dengan cara begitu.

Suatu hari, setelah menghitung uangnya, sebuah gagasan muncul di kepala petani, gagasan bahwa dia akan mendapatkan semua telur emas sang Angsa sekaligus dengan cara memotong sang Angsa. Tetapi ketika gagasan tersebut dilaksanakan, tidak ada sebuah telur yang dapat dia temukan, dan angsanya yang sangat berharga terlanjur mati dipotong.

Jadi pembelajaran yang dapat kita teladani dari dongeng angsa dan telur emas ini adalah

Barang siapa yang telah memiliki sesuatu dengan berlimpah, tetapi serakah dan menginginkan yang lebih lagi, akan kehilangan semua yang dimilikinya. Maka bersyukurlah dengan segala sesuatu yang kita miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.