Ciri Ciri Makhluk Hidup dan Penjelasannya

17
Ciri ciri makhluk hidup

Bumi adalah satu satunya planet yang bisa dihuni oleh makhluk hidup. Air, tanah, dan udara adalah faktor utama yang dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk tumbuh dan berkembang. Manusia, hewan maupun tumbuhan membutuhkan 3 faktor ini dalam kehidupannya.

Terdapat banyak sekali jenis makhluk hidup baik tumbuhan maupun hewan yang tinggal berdampingan bersama manusia. Manusia membuat sistem klasifikasi makhluk hidup 5 kingdom agar lebih mudah mempelajarinya. Terdapat berbagai ukuran, bentuk, kebiasaan, ekosistem, dan cara hidup yang dimiliki setiap kingdom makhluk. Walaupun demikian, semua makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang membedakan dirinya dengan makhluk tidak hidup atau benda mati.

Berikut ini ciri ciri makhluk hidup beserta penjelasannya

  1. Bernapas
    Ciri makhluk hidup yang pertama yaitu bernapas. Bernapas atau respirasi adalah kegiatan menghirup udara kemudian mengeluarkannya. Manusia menghirup udara melalui hidung, kemudian menghebuskannya melalui hidung pula. Udara masuk kedalam paru paru kemudian diserap oksigennya untuk dialirkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Zat sisa pernapasan berupa karbondioksida akan dikeluarkan kembali.Hewan juga melakukan pernapasan. Sistem pernapasan hewan bergantung pada tempat hidup mereka. Misalnya hewan didarat seperti kucing melakukan bernapasan menggunakan paru paru. Hewan yang tinggal di air misalnya ikan benapas dengan ingsang. Sedangkan hewan yang terbang seperti burung bernapas menggunakan paru paru dan kantung udara. Adapula hewan yang bernapas menggunakan kulit tubuhnya seperti cacing.

    Tumbuhan juga mmelakukan proses pernapasan. Tumbuhan melakukan proses berpasan menggunakan stomata atau mulut daun. Sistem pernapasan pada tumbuhan sangatlah kompleks, nanti akan kita bahas di artikel tersendiri.

  2. Membutuhkan makanan dan minuman
    Untuk melakukan aktivitas, setiap makhluk hidup memerlukan energi dan energi itu di dapat dari makanan serta minuman. Tanpa makanan, manusia, hewan dan tumbuhan akan lemas dan mati.Berdasarkan jenis makannanya, hewan terbagi menjadi 3 golongan. Hewan hewan pemakan tumbuhan diserbut herbivora, hewan pemakan daging disebut karnivora, sedangkan hewan pemakan keduanya baik tumbuhan maupun daging disebut omnivora.

    Tumbuhan mendapatkan makananya melalui proses fotosintesis. Fotosintesis yang dilakukan tumbugan memerlukan air, zat hara, karbondioksida serta cahaya matahari

  3. Bergerak
    Bergerak dapat diartikan sebagai berpindahnya sebagian atau seluruh bagian tubuh makhluk hidup. Alat gerak yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup juga bervariasi tergantung habitat dan jenisnya. Sehingga dapat diartikan bahwa ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak. Semua organisme bisa bergerak, namun tidak seluruh benda yang bergerak termasuk makhluk hidup.
  4. Tumbuh dan berkembang
    Ciri-ciri makhluk hidup lainnya adalah tumbuh dan berkembang. Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan, mulai dari kecil hingga menjadi besar. Bayi yang kecil waktu baru lahir, akan tumbuh menjadi remaja, dan kemudian dewasa. Anak hewan yang semula kecil lambat laun tumbuh menjadi besar seperti induknya. Biji yang ditanam akan tumbuh menjadi kecambah dan kemudian menjadi tanaman yang lebih besar.Lebih lengkapnya bisa kalian baca artikel perbedaan pertumbuhan perkembangan makhluk hidup.
  5. Berkembangbiak (Reproduksi)
    Kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan disebut berkembang biak (reproduksi). Berkembangbiak bertujuan untuk melestarikan keturunan agar tidak punah. Sebagai contoh kamu lahir dari ayah dan ibu. Ayah dan ibumu masing-masing juga mempunyai orangtua yang kamu panggil kakek dan nenek, dan seterusnyaMakhluk hidup memiliki dua cara untuk berkembang biak, yaitu secara seksual atau generatif dan secara aseksual atau vegetatif. Perkembangbiakan secara generatif diawali dengan tahap peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Contohnya adalah unggas bertelur, mamalia melahirkan, dan tumbuhan menghasilkan biji.
  6. Peka terhadap Rangsang
    Ciri ciri makhluk hidup berikutnya ialah dapat bereaksi terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya. Reaksi ini timbul jika ada rangsangan dari lingkungan. Rangsangan dapat berupa cahaya, panas, dingin, bau dari gas, sentuhan, gravitasi, rasa, dan lain-lain.Manusia dan hewan menggunakan indra untuk mengenali adanya rangsangan. Misalnya, mata untuk menangkap rangsangan cahaya, telinga untuk menangkap rangsangan getaran suara, hidung untuk menangkap rangsangan bau, kulit untuk menangkap rangsangan berupa sentuhan atau tekanan, dan lidah peka terhadap rasa zat. Kemampuan menanggapi rangsangan disebut irritabilitas
  7. Menyesuaikan Diri terhadap Lingkungan
    Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan disebut adaptasi. Contohnya tumbuhan yang hidup di tempat kering (sedikit mengandung air) memiliki daun yang sempit dan tebal, sedangkan tumbuhan yang hidup di tempat basah (banyak mengandung air) memiliki daun lebar dan tipis.

Itulah 7 ciri makhluk hidup yang bisa kita pelajari bersama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.