Kalender Pendidikan 2018/2019

362
Kalender Pendidikan 2018/2019

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

Kalender pendidikan (termasuk kalender pendidikan tahun pelajaran 2018/2019) memuat antara lain:

  • Permulaan tahun pelajaran yaitu waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awaltahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
  • Minggu efektif belajar yaitu  jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahunpelajaran pada setiap satuan pendidikan.
  • Waktu pembelajaran efektif yaitu jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh matapelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
  • Waktu libur yaitu  waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud.

Waktu libur dapat berbentuk jeda tengahsemester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus Itulah sebabnya kalender pendidikan (termasuk kalender pendidikan tahun pelajaran 2018/2019) keberadaanya di sekolah memiliki peranan penting untuk efektivitas proses atau kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya kalender pendidikan, akan memudahkan guru untuk membuat program Tahunan dan Program Semester. Kedua program tersebut selanjutnya diimplementasikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Kegiatan Pembelajaran.

Sebentar lagi Sekolah atau Madrasah akan memasuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk efektifvitas pelaksanaan tahun ajaran baru perlu disusun Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2018/2019. Sebagaimana diketahui penyusunan Kalender Pendidikan menjadi kewenangan sekolah dengan kewajiban menyesuaikan Kalender Pendidikan yang berlaku di lingkungan Kabupaten/Kota masing atau Kalender Pendidikan yang berlaku di lingkungan Provinsi Masing-masing. Jadi Kalender Pendidikan TK SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2018/2019 harus mengacu pada Kaldik Kab/Kota atau Provinsi TP 2018/2019. Khusus Kalender Pendidikan MI MTS MA Tahun Pelajaran 2018/2019 harus mengacu pada Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang diterbitkan oleh Kementerian Agama.

Bagi sekolah yang akan menyusun Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2018/2019, hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Jadwal Libur Nasional dan Cuti Bersama yang sudah diterbitkan melalui SKB Bersama tiga menteri atau melalui Keputusan Presiden.
  2. Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru dan Masa Pengenalan Peserta Didik Baru.
  3. Jadwal Kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester, Penilaian Akhir Tahun dan Perkiraan Ujian Nasional.
  4. Jadwal Libur Semester I, Jadwal Libur Semester 2, serta Jadwal awal Ramadahan dan Libur Idul Fitri.

===> DOWNLOAD Kalender Pendidikan 2018/2019 <===

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen + 15 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.