Kumpulan Dongeng Anak Terbaik

40
Kumpulan Dongeng Anak Terbaik

Dongeng merupakan cerita khayalan (fiksi) yang secara turun menurun dibacakan oleh orang tua kepada anak anak. Dongeng biasanya akan dibacakan ketika akan menidurkan seorang anak. Banyak sekali manfaat dongeng bagi anak anak kita, diantaranya yaitu :

  1. Meningkatkan keterampilan bicara anak
  2. Mengembangkan kemampuan berbahasa anak
  3. Meningkatkan minat baca
  4. Mengembangkan keterampilan berpikir
  5. Meningkatkan keterampilan problem solving
  6. Merangsang imajinasi dan kreativitas
  7. Mengembangkan emosi
  8. Memperkenalkan nilai-nilai moral
  9. Memperkenalkan ide-ide baru
  10. Relaksasi

Berikut ini kumpulan dongeng anak terbaik yang bisa Anda gunakan baik ketika akan menidurkan anak maupun membacakan di depan kelas.

Dongeng Persahabatan : Pasir Dan Batu

Dua orang sahabat sedang berjalan di padang pasir. Selama dalam perjalanan mereka berdebat tentang sesuatu. Salah seorang dari kedua sahabat itu menampar temannya, dan yang ditampar itu merasa sakit tetapi dia tak berkata apa apa, hanya menulis diatas tanah:

“HARI INI TEMAN BAIKKU MENAMPARKU”

Mereka tetap berjalan sampai mereka menemukan sebuah oasis (sumber air), mereka sepakat untuk mandi, teman yang telah ditampar tergelincir dan hampir saja tenggelam di oasis tersebut, tetapi temannya datang dan menolongnya, dan setelah diselamatkan oleh temannya dari bahaya, dia menulis di Batu

“HARI INI TEMAN BAIKKU MENYELAMATKAN NYAWAKU”

Teman yang telah menampar dan yang telah menyelamatkan nyawa teman baiknya itu bertanya kepadanya, “Setelah saya menyakitimu, kamu menulisnya di tanah dan sekarang, kamu menulisnya diatas batu, mengapa?

Temannya pun menjawab : “Ketika seseorang menyakiti kita, kita harus menulisnya diatas tanah, agar angin dapat menerbangkannya dan dapat menghapusnya sehingga dapat termaafkan. Tetapi ketika seseorang melakukan sesuatu yang baik kepada kita, kita harus mengukirnya diatas batu dimana tak ada angin yang dapat menghapusnya”

Hikmah yang dapat diambil dari Cerita Anak Dongeng Persahabatan : Pasir Dan Batu adalah teman yang baik akan melupakan dan memaafkan perilaku buruk yang diterimanya dan teman yang baik akan mengingat selalu kebaikan temannya.

 

Dongeng Fabel Anak : Anjing Dan Tiram (Kerang)

Hiduplah seekor anjing yang sangat senang makan telur. Anjing itu sering masuk ke kandang ayam dan dengan rakusnya menelan telur ayam bulat-bulat.

Suatu hari, sang Anjing berjalan-jalan di pinggiran pantai. Anjing tersebut melihat seekor tiram, dan dalam sekejap sang Anjing menelan bulat-bulat tiram (kerang) yang disangkanya telur.

Tidak berapa lama kemudian, seperti yang kita duga, sang Anjing merasakan sakit yang hebat di perutnya.

“Saya akhirnya mengerti bahwa tidak semua benda yang berbentuk bulat, adalah telur,” katanya sambil mengerang kesakitan.

Jadi hikmah yang bisa kita petik dari Cerita Dongeng Fabel Anak : Anjing Dan Tiram ini adalah bertindak terlalu tergesa-gesa akan mengakibatkan sesuatu yang buruk.

 

Dongeng Anak : Kisah Gunung

Seorang anak dan ayahnya sedang berjalan diatas gunung. Tiba tiba, anaknya terjatuh, Dia terluka dan berteriak :

“Aduuuhhhhhh!!!!!!!.” Tetapi Ia sangat kaget mendengar ada suara pantulan dari gunung sebelah.”Aduuuuuuuuhhhhhhh!!!!!!!.”

Dengan penuh rasa penasaran, diapun kembali berteriak : “Siapa kamu?” Diapun menerima kembali jawaban yang sama : Siapa kamu?” dan kemudian dia berteriak ke gunung itu: “Saya mengagumimu!” dan suara itupun kembali : “Saya mengagumimu!.”

Dengan muka marah pada jawaban itu, dia berteriak : “Penakut” Dia masih menerima jawaban yang sama, “Penakut!.”

Dia menatap ayahnya dan bertanya : “Apa yang sedang terjadi?” Ayahnya sembari tersenyum dan berkata : “Sayang, perhatikan.” Kembali ayah akan berteriak : “Kamu Juara.” Diapun menerima jawaban yang sama : “Kamu Juara.”

Anak ini kembali kaget dan tidak mengerti mengapa itu bisa terjadi, kemudian Ayahnya menjelaskan bahwa itulah yang disebut dengan ECHO (Gema suara), tetapi itulah sesungguhnya hidup.

Segalanya akan kembali kepada kita, apa yang kita katakan, apa yang kita lakukan. Hidup kita secara sederhana adalah gambaran dari kelakuan yang kita perbuat.

Jadi pembelajaran yang dapat kita teladani dari Cerita Dongeng Anak : Kisah Gunung ini adalah jika kita menjadi orang yang baik maka kehidupan akan memberikan kebaikan juga untuk kita, namun apabila kita berperilaku buruk maka kehidupan akan akan membuat kita sengsara dan tidak bahagia.

 

Cerita Dongeng Anak : Kisah Angsa Dan Telur Emas

Tersebutlah di jaman dahulu, hiduplah seorang petani miskin yang mempunyai seekor angsa yang sangat cantik. Petani itu merwat si angsa dengan baik hingga suatu hari pada saat petani tersebut mendatangi kandang angsa, sang Angsa telah menelurkan sebuah telur emas yang berkilauan.

Petani tersebut mengambil dan membawa telur emas tersebut ke pasar dan menjualnya. Kejadian yang sama terulang untuk hari-hari berikutnya, sehingga dalam waktu yang singkat petani tersebut mulai menjadi kaya. Tetapi tidak lama kemudian keserakahan dan ketidak-sabaran petani itu terhadap sang Angsa muncul karena sang Angsa hanya memberikan sebuah telur setiap hari. Sang Petani merasa dia tidak akan cepat menjadi kaya dengan cara begitu.

Suatu hari, setelah menghitung uangnya, sebuah gagasan muncul di kepala petani, gagasan bahwa dia akan mendapatkan semua telur emas sang Angsa sekaligus dengan cara memotong sang Angsa. Tetapi ketika gagasan tersebut dilaksanakan, tidak ada sebuah telur yang dapat dia temukan, dan angsanya yang sangat berharga terlanjur mati dipotong.

Jadi pembelajaran yang dapat kita teladani dari dongeng angsa dan telur emas ini adalah

Barang siapa yang telah memiliki sesuatu dengan berlimpah, tetapi serakah dan menginginkan yang lebih lagi, akan kehilangan semua yang dimilikinya. Maka bersyukurlah dengan segala sesuatu yang kita miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve + 15 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.