Metamorfosis Kupu Kupu dan Penjelasannya

241
Metamorfosis Kupu Kupu dan Penjelasannya

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahasa tentang metamorfosis sempurna dan penjelasannya. Kembali kita ulasa sediki, metamorfosis sempurna adalah perkembangan hewan yang mengalami perubahan bentuk yang sangat berbeda pada setiap tahapnya. Sehingga bentuk hewan yang baru lahir sangat berbeda dengan bentuk hewan yang dewasa.

Bentuk tubuh hewan muda yang mengalami metamorfosis sempurna berbeda dengan bentuk dewasanya (imago). Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yaitu kupu-kupu.

daur hidup kupu kupu

Metamorfosis kupu kupu terbagi menjadi 4 yaitu :

  1. Fase telur
  2. Fase ulat (larva)
  3. Fase kepompong (pupa)
  4. Fase kupu kupu (imago)

Penjelasan Metamorfosis Kupu Kupu Lengkap

  1. Fase Telur
    Kupu kupu betina sangat selektif dalam memilih tempat untuk meletakkan telurnya, Biasanya kupu kupu betina mencari daun favoritenya. Telur kupu kupu akan menetas sekitar 3 – 5 hari. Umumnya telur kupu kupu berwarna putih dan diletakkan pada pucuk daun atau dibawah daun. Setelah menetas, telur akan menjadi ulat dan mulai makan daun yang ada disekitarnya. Sebagian larva kupu kupu makan cangkangnya sendiri saat pertama kali menetas.
  2. Fase Ulat (larva)
    Ulat atau larva bagi sebagian orang sangatlah menjijikkan, bahkan akan sangat menganggu jika jumlahnya puluhan ekor. Tubuh larva yang menjadi ketat akan mengalami pergantian kulit, seumur hidupnya larva akan mengalami pergantian kulit hingga 4 kali, masa antara pergantian kulit larva disebut instar. Bentuk larva kupu – kupu sangat beragam walaupun sebagian besar memiliki bentuk silindris dan ada juga ramput maupun duri pada tubuhnya. Saat larva sudah mencapai ukuran tubuh yang maksimal maka ia akan berhenti untuk makan dan mencari tempat sebagai tempat berlindungnya. Larva akan melekatan dirinya pada ranting atau daun menggunakan anyaman benang.
  3. Fase Kepompong (pupa)
    Fase pupa kalau dilihat dari luar seperti periode istirahat, padahal dalam pupa terjadi proses pembentukan serangga yang sempurna. Pupa pada umumnya keras, halus dan berupa suatu struktur tanpa anggota tubuh. Umumnya pupa berwarna hijau, coklat atau warna sesuai dengan sekitarnya (berkamuflase) Pembentukan kupu-kupu dalam pupa biasanya berlangsung selama 7 – 20 hari tergantung spesiesnya.
  4. Fase kupu kupu (imago)
    Setelah berlalu beberapa hari kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu. yang indah. Saat pertama kali keluar dari kepompong sayap kupu-kupu akan terlihat kusut, kecil, basah, dan terlihat menempel di cangkang kepompong. Menurut penelitian, cairan basah yang menyelimuti kupu-kupu ketika baru keluar dari kepompong berfungsi untuk membantu pembesaran sayap dan tubuh kupu-kupu.Kupu – kupu termasuk hewan yang mencari makan di siang hari dan istirahat di dedaunan pada malam hari. Kupu – kupu memiliki sayam yang kecil sehingga ia hanya terbang pada ketinggian 10 cm- sampai 2 meter. Jenis kupu – kupu yang memiliki sayap besar dapat terbang hingga 10 meter. Kupu – kupu mengonsumsi nektar pada tumbuhan menggunakan probosisnya.

Tingkah laku kupu kupu dewasa

kupu-kupu betina baru akan siap kawin setelah kurun waktu 5 sampai 6 hari sejak keluar dari kepompong. kupu-kupu hampir tidak pernah terlihat di malam hari karena memang mereka termasuk binatang yang hanya aktif pada siang hari. kupu-kupu hanya bisa terbang pada ketinggian sekitar 2 meter tergantung besar sayap yang dimiliki.

Kupu-kupu merupakan serangga yang melakukan aktivitas pada siang hari, pada malam hari kupu-kupu akan istirahat dan terlindungan daun pepohonan.

Dalam mencari makan kupu-kupu akan terbang secara sendiri-sendiri. Apabila terlihat mereka sedang bergerombol terbang bersamaan. itu pertanda mereka akan memulai fase reproduksi. kupu-kupu jantan akan membuahi kupu-kupu betina, kemudian kupu-kupu betina akan bertelur di dedaunan, dan terulang lah daur hidup kupu-kupu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.