Modalitas Belajar Siswa

58
Modalitas Belajar Siswa

Suatu pemahaman dapat dikatakan berbeda karena dipengaruhi oleh cara penyampaian informasi dari pendidik dan modalitas gaya belajar pada setiap individu. Setiap orang mempunyai gaya belajar yang berbeda dan bisa belajar dengan lebih baik dengan cara yang berbeda-beda.

Memahami gaya belajar, pada setiap siswa merupakan cara terbaik untuk memaksimalkan proses belajar di kelas. Setelah siswa menemukan gaya belajar dan mengetahui metode terbaik untuk membantu dalam belajarnya, dapat dilihat kemampuan siswa memahami sesuatu akan berkembang dengan pesat di dalam kelas, bahkan di mata pelajaran yang sebelumnya dianggap susah dan rumit.

Modalitas belajar atau yang sering dikenal dengan gaya belajar adalah cara seseorang dalam menerima serta memproses segala informasi yang sedang ia alami. Sedangkan menurut Gunawan (2006: 139) “Gaya belajar adalah cara yang lebih kita sukai dalam melakukan kegiatan berfikir, memproses dan mengerti suatu informasi”..Modalitas belajar terbagi menjadi 3 yaitu

  1. Auditori (suara)
  2. Visual (penglihatan)
  3. Kinestesis (Sentuhan)

Pada umumnya setiap orang memiliki akses ketiga modalitas (visual, auditorial, kinestetik) tetapi hampir semua orang cenderung pada salah satu modalitas belajar yang berperan sebagai saringan untuk pembelajaran, pemrosesan, dan komunikasi. Orang tidak hanya cenderung pada satu modalitas tertentu yang memberi mereka bakat dan kekurangan alami tertentu

Penelitian–penelitian mengenai cara kita belajar telah mengidentifikasi tiga saluran utama inilah dimana pembelajaran itu dimunculkan.

Meskipun begitu, tidak semua individu memilih untuk  belajar lewat kombinasi saluran yang sama, dan bagi kebanyakan orang satu saluran cenderung mendominasi. Hal ini menyumbang peningkatan perkembangan yang menarik dalam belajar mengajar, dimana pilihan pembelajaran individual dinilai dam digunakan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih kaya dan semakin eksklusif.

Pembelajaran yang paling kuat terjadi ketiga saluran tersebut digunakan secara simultan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.