Perkembangan Kegiatan Ekonomi di Masyarakat

139
Kegiatan Ekonomi
Kegiatan Ekonomi

Masih ingat apa saja sumber daya alam yang ada di daerahmu? Sumber daya alam itu mendukung usaha di lingkungan sekitar. Coba sekarang sebutkan macam-macam usaha yang ada di sekitarmu! Macam-macam usaha atau kegiatan untuk mencukupi kebutuhan hidup disebut kegiatan ekonomi. Pada bab ini kita akan membahas macam macam kegiatan ekonomi memanfaatkan sumber daya alam.Setelah membaca materi ini diharapkan kamu memiliki kemampuan sebagai berikut.

1. Menjelaskan macam-macam kegiatan ekonomi.
2. Menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi.
3. Menjelaskan pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi.

Coba perhatikan lingkungan sekitar rumah atau sekolahmu! Di lingkungan sekitar kita banyak kegiatan dilakukan orang. Berikut ini contohnya. Pedagang berjualan di pasar. Sopir angkot mengangkut penumpang. Guru mengajar di kelas. Buruh bekerja di pabrik. Petani mencangkul di sawah. Kegiatan-kegiatan ini termasuk kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan orang untuk menghasilkan pendapatan. Pendapatan yang diperoleh dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Kegiatan ekonomi

Berikut ini penjelasan perkembangan kegiatan ekonomi.

  1. Pada zaman dahulu, orang mencari makan dengan cara berburu dan mengumpulkan buah-buahan hutan. Mereka membuat pakaian dari kulit hewan atau kulit pohon. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, mereka saling menukar barang. Cara ini disebut dengan barter.Karena barter tidak praktis, cara itu mulai ditinggalkan. Kemudian orang menggunakan alat tukar yang lebih baik. Alat tukar ini mempermudah orang melakukan kegiatan jual beli. Awalnya orang menggunakan barang berharga sebagai alat tukar. Misalnya, kulit hewan, emas, dan perak. Kemudian orang menggunakan uang sebagai alat tukar.
  2. Tahap berikutnya orang tidak hanya berburu dan mengumpulkan hasil hutan. Orang mulai berternak dan bertani. Orang mulai memelihara hewan-hewan ternak. Orang juga mulai mengolah lahan untuk ditanami.
  3. Ketika zaman makin maju, kebutuhan hidup pun terus bertambah. Orang tidak hanya bekerja sebagai petani dan peternak. Orang mencari cara-cara baru untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sekarang ini ada bermacam-macam pekerjaan, misalnya, penjahit, pedagang, sopir, guru, dan dokter.

Kamu sudah tahu bahwa kegiatan ekonomi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada tiga jenis kebutuhan.

  1. Kebutuhan pokok

    Ada tiga jenis kebutuhan pokok, yaitu:
    a. makanan (pangan),
    b. pakaian (sandang), dan
    c. tempat tinggal (papan).

  2. Kebutuhan sekunder

    Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan tambahan setelah kebu-tuhan pokok terpenuhi. Contoh kebutuhan sekunder, antara lain lemari, sepeda, kompor, buku, dan pena.

  3. Kebutuhan tersier

    Kebutuhan tersier adalah kebutuhan tambahan setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kebutuhan tersier sering juga disebut kebutuhan akan barang-barang mewah. Misalnya, mobil, televisi, komputer, dan pesawat telepon.

Orang tidak bisa menghasilkan semua barang kebutuhannya. Misalnya, petani menghasilkan padi, jagung, sayur, dan buah. Kebutuhan seorang petani akan perabot rumah tangga didapatkan dari tukang kayu. Sebaliknya tukang kayu mendapatkan makanan dari petani. Contoh ini menunjukkan sifat manusia sebagai makhluk sosial. Artinya, manusia tidak bisa hidup seorang diri.

Hidup dan bekerja sama dengan orang lain belum cukup. Manusia perlu bekerja keras. Dengan bekerja orang menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan. Sulit bagi seorang pengangguran untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Inilah sebabnya mengapa mereka yangsudah dewasa perlu bekerja dan memiliki penghasilan sendiri. Perhatikan kegiatan orang tuamu setiap hari. Apa yang mereka lakukan di pagi hari? Apakah kedua orang tuamu bekerja?

Tidak mudah orang mendapat uang. Kita harus menggunakan uang dengan baik dan bijaksana. Apakah setiap kali kamu meminta uang kepada orang tua langsung diberi? Orang tuamu belum tentu memberi, bukan? Itu semua karena tidak mudah menghasilkan uang. Kita harus membeli barang yang benar-benar kita butuhkan.

Faktor lingkungan ikut mempengaruhi kegiatan ekonomi. Contohnya sebagai berikut.

  1. Penduduk pantai banyak yang menjadi nelayan.
  2. Penduduk di daerah dataran rendah banyak yang menjadi petani
  3. Penduduk di sekitar tempat pariwisata akan melakukan kegiatan ekonomi di bidang pariwisata.
  4. Penduduk di daerah dataran tinggi dan pegunungan banyak yang menjadi petani sayuran dan bunga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.