Revolusi Bumi dan Pengaruhnya

25
Revolusi Bumi dan Pengaruhnya

Selain berputar pada porosnya (Rotasi Bumi), Bumi juga berputar mengelilingi Matahari. Gerakan Bumi mengelilingi Matahari disebut revolusi Bumi. Untuk satu kali revolusi, Bumi membutuhkan waktu satu tahun (365¼ hari). Revolusi Bumi membawa beberapa pengaruh terhadap Bumi. Apa saja pengaruh tersebut? Cermati uraian berikut untuk menemukan jawabannya.

Pergantian Musim

Bumi mengelilingi Matahari dengan posisi miring sebesar 23½° ke arah timur laut dari sumbu Bumi. Posisi ini menyebabkan terjadinya pergantian musim. Perhatikan Gambar 9.5. Ketika kutub selatan Bumi condong ke Matahari, belahan Bumi bagian selatan bertambah dekat dengan Matahari. Hal ini menyebabkan belahan Bumi selatan mengalami musim panas. Pada saat yang sama, belahan Bumi utara semakin jauh dari Matahari. Belahan Bumi utara mengalami musim dingin. Di antara pergantian musim panas ke dingin, terjadi musim gugur. Di antara pergantian musim dingin ke panas, terjadi musim semi. Jadi, belahan Bumi selatan dan utara mengalami empat musim.

Lalu, bagaimana dengan pergantian musim di Indonesia? Mengapa kita hanya mengalami dua pergantian musim? Mengapa kita tidak mengalami musim semi dan gugur? Kalian tentu tahu kita tinggal di daerah khatulistiwa, bukan? Cermati baik-baik Gambar 9.5. Daerah khatulistiwa selalu mendapatkan sinar Matahari sepanjang tahun.Oleh karena itu, daerah khatulistiwa mengalami dua musim. Daerah khatulistiwa biasa disebut daerah tropis.

Gerak Semu Tahunan Matahari

Pernahkah kalian memerhatikan posisi terbit Matahari? Matahari tampak terbit dari tempat yang berbeda setiap periode tertentu dalam setahun. Padahal, Matahari sebenarnya tidak mengalami perubahan posisi. Kenampakan ini terjadi akibat revolusi Bumi. Matahari seolaholah bergerak atau berpindah tempat. Nah, gerak inilah yang disebut gerak semu tahunan Matahari.

Tanggal 21 Maret
Dilihat dari Bumi, Matahari tepat berada pada garis khatulistiwa (0). Karenanya, Matahari seolah-olah terbit tepat di sebelah timur. Demikian pula, Matahari seolah-olah tenggelam tepat di sebelah barat.

Tangal 21 Juni
Dilihat dari Bumi, Matahari tampak berada pada 23½ lintang utara (LU). Karenanya, Matahari seolah-olah terbit agak sedikit bergeser ke utara.

Tanggal 23 September
Diamati dari Bumi, Matahari tampak kembali berada pada garis khatulistiwa. Akibatnya, Matahari seolah-olah terbit tepat di sebelah timur.

Tanggal 22 Desember
Matahari tampak berada pada 23½ lintang selatan (LS) jika dilihat dari Bumi. Hal ini menyebabkan Matahari seolah-olah terbit agak sedikit bergeser ke selatan.

Perbedaan Lamanya Waktu Siang dan Malam

Di Indonesia, Malaysia serta di negara negara yang dekat dengan garis khatulistiwa akan mengalami siang dan malam dalam waktu yang sama, yakni 12 jam. Namun ada beberapa negara yang mengalami jam siang lebih lama darripada jam malamnya. Kondisi atau fenomena ini disebut midnight sun, dimana malam hari yang seharusnya gelap namun masih terlihat sangat terang layaknya siang hari.

Fenomena midnight sun ini kebanyakan dialami oleh negara negara yang terletak dibagian utara bumi. Contohnya yatu negara Norwegia yang berada di Eropa. Salah satu pulau bagian yang ada di Norwegia, yaitu Svalbard, memiliki durasi siang sekitar 21 jam dan malam hanya 3 jam. Svalbard merupakan daerah yang berada di daerah Lingkar Artik (kutub utara). Bayangkan saja, saat pukul 24.00 tengah malam, kondisi di sana masih terang benderang seperti jam 12 siang. Penduduk Norwegia telah terbiasa dengan fenomena midnight sun dan meskipun musim panas, temperatur di Norwegia juga tidak setinggi musim panas di negara lain.

Kejadian ini dipengaruhi oleh revolusi Bumi. Kombinasi antara revolusi Bumi dan kemiringan sumbu Bumi terhadap bidang ekliptika mengakibatkan lamanya siang dan malam di berbagai belahan Bumi berbeda. Perbedaan itu bisa terlihat jelas saat kita berada di daerah yang dekat dengan kutub Bumi, baik kutub utara maupun selatan.

Demikianlah pengertian Revolusi dan dampak revolusi bumi. Jik ada yang ingin ditambahkan, silahkan komentar di bawah ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.