Struktur Lapisan Bumi Lengkap dengan Penjelasannya

2674
Struktur Lapisan Bumi Lengkap

Bumi merupakan planet ketiga dalam sistem galaksi bima sakti. Berdasarkan gambar yang diambil dari teleskop Hubble yang diluncurkan NASA, bumi memiliki bentuk seperti bola. Hingga saat ini, bumi merupakan satu satunya planet dalam galaksi bima sakti yang diketahui menunjang kehidupan. Hal ini disebabkan komponen komponen pendukung kehidupan tersedia di bumi, mulai dari air, udara dan tanah yang merupakan tempat tumbuhnya berbagai tanaman yang mendukung kehidupan. Hal ini termasuk berbagai mineral dan hasil tambang yang dapat dieksplorasi.

struktur bumi

Stuktur lapisan bumi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut :
1.) Kerak bumi
Kerak bumi adalah lapisan terluar bumi yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu kerak samudra dan kerak benua. Kerak samudra mempunyai ketebalan sekitar 5-10 km sedangkan kerak benua mempunyai ketebalan sekitar 20-70 km.. Tebal lapisan kerak bumi mencapai 70 km dan merupakan lapisan tanah dan batuan .Lapisan ini menjadi tempat tinggal bagi seluruh mahluk hidup.Suhu di bagian bawah kerak bumi mencapai 1.100 derajad Celcius.Lapisan kerak bumi dan bagian di bawahnya hingga kedalaman 100 km dinamakan litosfer.

Unsur-unsur kimia utama pembentuk kerak bumi adalah: Oksigen (46,6%), Silikon (27,7%), Aluminium (8,1%), Besi (5,0%), Kalsium (3,6%) Natrium (2,8%), Kalium (2,6%) dan Magnesium (2,1%). Unsur–unsur tersebut membentuk satu senyawa yang disebut dengan batuan.

2.) Mantel bumi
Mantel bumi atau yang biasa disebut selubung bumi adalah lapisan yang menyelubungi inti bumi dan merupakan bagian terbesar dari bagian bumi sekitar 83.2 persen dari volume dan 67.8 persen dari keseluruhan masa bumi. Terdiri dari material yang berfasa cair ,sering pula selubung bumi disebut sebagai lapisan astenosfer. Pada lapisan ini tempat terjadinya pergerakan-pergerakan lempeng-lempeng yang disebabkan oleh gaya konveksi atau energi dari panas bumi. Pergerakan tersebut sangat mempengaruhi bentuk muka bumi. ketebalann selubung ini berkisar 2.883 km. Densitasnya berkisar dari 5.7 gr/cc dekat dengan inti dan 3.3 gr/cc didekat kerak bumi. Pada wilayah selubung bagian atas akan mulai terbentuk intrusi magma yang diakibatkan oleh batuan yang menyusup dan meleleh.

3.) Inti bumi
Pada bumi bagian paling dalam atau lebih tepatnya pada pusat bumi terdapat inti bumi atau core yang berada pada kedalaman yang berkisar antara 2900-6371 km. Inti bumi dapat dibagi menjadi dua bagian berdasarkan zat penyusunnya, yaitu inti dalam dan inti luar.

Inti dalam tersusun dari logam padat yang berada pada kedalaman 2900-5100 km. Sedangkan inti luarnya tersusun dari logam cair yang berada dalam kedalaman 2900-5100 km. Kedua inti ini dipisahkan oleh sebuah lapisan yang disebut lehman discontinuity.

Berdasarkan data yang didapatkan oleh ahli geofisika, diadapati bahwa material inti bumi memiliki berat jenis yang sama dengan meteroit logam yang mengandung bsei dan nikel. Atas dasar inilah para ahli percaya bahwa inti bumi tersusun dari senyawa besi dan nikel, dengan komposisi besi sebesar 88%.

Secara umum Bumi terdiri atas 3 komponen utama, yakni komponen gas yang disebut atmosfer, komponen padatan yang disebut litosfer, dan komponen air yang disebut hidrosfer. Selain 3 komponen utama tersebut, Bumi juga memiliki komponen lainnya yaitu, Bumi bagian es disebut kriosfer dan bagian Bumi tempat di mana berlangsungnya kehidupan yang dinamakan biosfer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.